Wednesday 11 April 2012

Pengkaderan Berbasis Jamaah Sebagai Konsep Ideal Pengkaderan Semarang

Oleh Immawan Hadi S

IMM merupakan organisasi yang berbasis kaderisasi. Pengkaderan bagi IMM adalah hal yang vital dan strategis karena masadepan ikatan ditentukan oleh proses pengkaderan hari ini. Kokoh atau lemahnya ikatan ini bergantung pada bagaimana cara pengelolaan SDM kader-kader yang ada di dalamnya. Agar pengkaderan berjalan ideal perlu adanya regulasi mendasar yang berkesinambungan yang akan membuat corak/kultur pengkaderan disemarang.

Masing-masing daerah memiliki corak/kultur ber-IMM yang berbeda-beda. Di semarang sendiri corak/kultur ber IMM ini masih cenderung “Shoft” tanpa penekanan kearah mana pengkaderan ini akan diarahkan. Banyak wacana telah digulirkan dari IMM yang berbasis “Religius humanistis” sampai IMM yang ber “Intelektual profetik”. Tetapi semuanya itu akan terasa mentah jika masalah yang selalu berulang di dalam ikatan ini tidak kunjung terselesaikan yakni kurangnya pendampingan personal dan evaluasi perkembangan kader yang kontinyu.

Akhir-akhir ini bermunculan gagasan baru dalam pembenahan pengkaderan di kota semarang tercinta ini yaitu konsep “Jamaah”. Dengan Konsep ini diharapkan permasalahan pendampingan personal dan evaluasi perkembangan kader dapat teratasi. Konsep ini adalah pembinaan kader pra-DAD sampe pasca-DAD dengan memberikan materi-materi pengkaderan yang otentik IMM (Tri Kompetensi Dasar). Diharapkan dengan adanya konsep pengkaderan yang digagas ini memberikan nuansa ber IMM yang lebih dinamis dan berkarakter.

Pengkaderan berbasis jamaah sendiri kiranya diharapkan dapat mengeksplorasi dan memberikan pengembangan wawasan religius, intelektual dan humanis kader, sehingga akan membentuk kader-kader yang memiliki kekuatan ideologis, kritis dan terbuka dengan perkembangan zaman. Kiranya tidak berlebihan kita berharap kader semarang periode-periode mendatang akan lebih progresif dengan konsep yang di bangun oleh PC IMM Kota Semarang bersama KP Se-Kota semarang pada kegiatan Malam Bina Ikatan (MATAN) PC IMM Kota Semarang.

Sekretaris PC IMM Kota Semarang

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Salam Anda